Carpe diem!

Make your lives extraordinary

Interupsi Pagi : Biaya Ujian Akhir Nasional tidak masuk akal!!!

Pagi hari sebelum mandi, ngecek-ngecek kondisi kos-kosan mulai dari kas rumah,gaji bibi,tagihan listrik, air dan lain-lain (takut dibilang ‘penjahat’ sama teman-teman kos kalau menunggak). Ternyata ada permohonan dari bibi (yang biasa tiap pagi bersih-bersih) untuk berhutang buat anaknya yang akan ujian akhir nasional SMP. Kata Widagdo (juru kas rumah) “mas, tadi bibik-e mau pinjem duit 300rb buat anaknya UAN. Mesakne mas… mau karo ndredes* pisan!”.(* menahan tangis). Mungkin merasa tidak enak karena barusan gajian. Widagdo menunjukkan selembaran kertas rincian yang diberikan oleh bibik yang didapat dari sekolah anaknya.

Begitu dibaca, ….. ya ampunn ….. beneran nih !!!

030907-1208-interupsipa1.jpg

gambar : hasil scan kertas rincian biaya per siswa (29 orang)

Di masa ekonomi sulit seperti ini.. yang miskin makin miskin … yang kaya malah menjepit si-miskin!!. Malah pemerintah ikutan menjepit si miskin. Heran …. Takjub dan penuh kecurigaan!!. Hipotesa : ini pemerintahnya yang ndak bener … atau sekolahnya yang cari duit!!!

Dilihat dari sebagian besar komponen biaya itu adalah tugas guru dan sekolah (seperti membuat soal ujian, rapat, menyiapkan siswa untuk menghadapi UAN de el el). Bahkan sampai urusan tanda tangan pun dikenai biaya 2000 per siswa…. Hmm …. Bayangkan …..

sepertinya di jaman aku sekolah tidak ada itu biaya ujian akhir … yang ada cuman spp per bulan cukup 8.500,-

Wahh … GILAAA!!!!

sabar yah bik…. Kami bantu dehh ….

March 9, 2007 - Posted by | curhat, peduli!

3 Comments »

  1. OMG!!! gila aja nih!!
    perincian2nya ga masuk akal banget! masa transportasi rapat aja minta dibayarin siswa! plis deh!! blm lagi kenang2an & gotong royong… apa pula itu. makin ga jelas!
    trus 1 siswa bayarnya musti x29 gitu?? atau hrs bayar yg rincian sblh kiri aja?? tetep aja ga masuk akal! edan!

    ini SMP bandung ya? mending jangan diapus nama smp-nya, biar dipublish sekalian. btw boleh gak gue copy nih gbrnya? mau gue taro di blog gue? hrs disebar luaskan nih yg kek begini biar mrk ga semena2 lagi…😦

    gue rasa itu bisa2nya pihak sekolah. mungkin dari pemerintah ada, tapi ga sebesar itu. kalo pun ada biaya kepaniataan & macem2, gue rasa itu udah dapet dari pemerintah loh. edan.. edan….

    *sewot banget*

    Comment by it | September 20, 2007 | Reply

  2. Numpang baca..😀

    Comment by faith108 | December 15, 2007 | Reply

  3. gila ja,bza bangkrut ney skulQuw ja gak segnenya

    Comment by iah | April 9, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: