Carpe diem!

Make your lives extraordinary

Backward Training Method

hari kamis kemaren saya memberikan training penggunaan aplikasi sistem informasi manajemen di salah satu instansi pemerintah. awal training saya menjelaskan secara forward (maju), mulai dari menjelaskan cara melakukan transaksi memasukkan data hingga menghasilkan report.

menjelang istirahat siang, salah satu peserta komplain karena penjelasannya masih terlalu teknis belum sesuai untuk peserta training yang kebanyakan sangat awam. peserta tersebut mengusulkan untuk menjelaskan sesuai struktur menu yang ada. setelah saya pikir-pikir saya ingin mencoba sesuatu yang baru, menjelaskan secara backward (terbalik). memulai penjelasan dari satu demi satu report yang akan diperoleh user dari aplikasi yang dibangun, dan bagaimana cara melakukan administrasi data dan transaksinya sehingga report tersebut dapat dihasilkan dengan benar.

 alhasil, penjelasan saya cukup dimengerti dan mereka secara mandiri mencoba-coba report-report yang sesuai dengan bagiannya masing-masing. kami pun dapat masukan-masukan yang baik untuk memudahkan mereka dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.

December 14, 2007 - Posted by | Biz to work, curhat, peduli!, santai, techno | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: