Carpe diem!

Make your lives extraordinary

99% penyebab kemacetan = Gaya ber-angkot

Hadiah terindah hari ini untuk bandung adalah mogoknya seluruh angkot bandung. Kontan seluruh jalan yang setiap hari saya lewati jadi lancar(selancar-lancarnya).

– Mulai dari terminal cicaheum, yang biasanya penyebab macet adalah angkot yang ngetem di depan pertigaan lampu merah dekat terminal. Hari ini : LANCAR!!
– Di perempatan lampu merah cimuncang, yang biasa penyebab macet adalah (lagi-lagi) angkot yang berhenti dan/atau angkot menyalip angkot lain di depan lampu merah. Hari ini : (lagi-lagi) LANCAR!!!
– Diperempatan Cikutra, juga biasanya macet karena perilaku angkot yang menyebabkan antrian sampai hotel poster. Hari ini : Super Lancar!!
– Di pertigaan pasar suci, dahulu saya berasumsi ini karena pasar tumpah. asumsi saya ternyata tidak 100% benar, hari ini pasar tetap tumpah dan ditambah antrian pembagian jatah minyak tanah. Hari ini : Jalan depan pasar suci LANCAR !! (jadi heran juga, mungkin karena asumsi saya salah😦 )
– Dipertigaan lampu merah Gasibu, setiap harinya macet karena angkot dan kendaraan pribadi berebutan melewati lampu merah (seharusnya 2 lajur malah bisa menjadi 4-5 lajur) ditambah lagi angkot yang ngetem di depan wartel gazeebo makin lengkap penderitaannya.  4-5 lajur jadi 1 lajur …. hmm … gimana mikirnya para supir angkot dan penumpang ini. hari ini pun : pertigaan gazeebo lancar!! waktu lampu hijau dari arah suci yang biasanya terasa pendek malah terasa lama dan kendaraan dari suci melenggang dengan LANCAR TANPA TERBURU-BURU KENA LAMPU MERAH LAGI!!.

Disiang haripun (rus’u’h hour), lalu lintas dari dago – cicaheum sama seperti pagi hari : LANCAR!!!.
caheum lancar
skrinsut : jam 12.50 di lampu merah cicaheum. jika hari biasa kemaceten sudah sampai garis zebra-cross didepan.

Saya Berasumsi dan mungkin bisa dikatakan 99% penyebab kemacetan lalu lintas adalah perilaku ber-angkot. perilaku berangkot ini terkait :
– pemilik angkot : selalu menyediakan angkutan yang nyaman (mau angkot yang sudah umur 10 tahun atau 15 tahun, yang penting nyaman). mungkin bisa dilihat sebagai contoh adalah kereta api ex JAPAN. walaupun sudah berumur lebih dari 5 tahun yang dihibahkan (beli)  indonesia, kenyamanannya sama dengan kereta indonesia berumur 1 tahun. disini masalah perawatan yang penting!.
– pengemudi angkot : jangan ugal-ugalan, jangan berhenti seenaknya saja, jangan mengetem disembarang tempat, menurunkan dan menaikkan penumpang di tempat yang telah disediakan.
– Penumpang angkot :
    > naik dari tempat-tempat yang telah disediakan
    > sama seperti menyeberang jalan,  sebelum turun harus lihat dulu posisi angkot apakah di tengah jalan atau sedang macet atau sedang menyalip. sering terjadi penumpang ini pokoknya udah waktunya berhenti langsung bicara “kiri mang!”, spontan saja mang supir angkot banting setir segera cari celah untuk ke kiri. kalau tidak bisa ke kiri malah berhenti ditengah jalan… makin macet jalannya.
   > sepertinya pelajaran mengenai tata-tertib naik angkutan ini sama sekali tidak ada kamusnya, bahkan orang tua-pun tidak mengajarkan (mungkin jaman orang tua saya dulu belum ada angkot).
– Pemerintah : sebagai regulator dan fasilitator juga harus benar-benar diperhatikan supaya transportasi umum ini nyaman. Jangan buat peraturan yang belum siap direalisasikan.

TAHUKAH ANDA : bahwa denda 250rb untuk penumpang yang naik ke angkutan umum bukan pada tempat yang telah disediakan. Plang peraturan ini tertancap di depan taman pertigaan siliwangi dan sumur bandung!
(investigasi : mana tempat yang disediakan untuk naik turun penumpang ??? haltenya dimana ?? )

Terkait dengan pemilihan gubernur jabar, kalau saya baca visi dan misi kandidat dari blog sebelah. jikalau ada kandidat yang secara explisit memiliki program kerja mengenai penertiban dan pembenahan transportasi. Langsung deh aku coblos!!.

Sudah tidak terhitung kerugian masyarakat akibat kemacetan ini. Mungkin sudah cukup untuk membayar hutang-hutang indonesia. hmmm….. i’m wondering.

March 26, 2008 - Posted by | curhat, Jalan2X, santai | , , ,

5 Comments »

  1. hidup lancar!

    Comment by Rully | March 26, 2008 | Reply

  2. hehe, iya sih lancar.
    tapi buat orang2 yg mengandalkan angkot buat keluyuran keliling bandung ya sedih…😀

    Comment by iin | March 27, 2008 | Reply

  3. jangan salah mas, kalau baca postingannya pak Arry Akhmad, tranportasi di Bandung itu pelayanannya super sekali (dah super, pake sekali). bagaimana tidak, sang supir sangat memberikan kenyamanan bagi penumpang.
    mau naik, tidak usah ke halte
    mau turun, tinggal bilang maka bisalah sang penumpang turun di mana saja😀

    Comment by roisz | March 27, 2008 | Reply

  4. ya iya lah angkot…..

    secara dia ingin dapetin setoran lebih karne itu menghalalkan segala cara sampai2 menyusahkan pengguna yang lain.

    yah….namanya juga cari uang,yang penting halal toh nduk.

    entar kalau beliau2 supir angkot itu mengalihkan profesinya jadi prampok kan kita2 juga yang susah…

    Comment by farid | May 9, 2008 | Reply

  5. Gak cuma angkot an sich, tapi perilaku spt angkot yang menjangkiti banyak masyarakat kita, baik yg bermobil, bermotor, ber-truk, ber-bis, ber-jalan kaki, ber-dagang, ber-gerobak, ber-delman, semua, bahkan yang ber-politik, ber-jabatan, ber-pangkat, ber-fatwa, ber-agama, ber-bisnis, semua ber-gaya angkot, baik dalam ambil keputusan untuk diri sendiri, maupun ambil keputusan yang tentukan nasib rakyat banyak dan umat. Makanya waktu tuhan ditanya kapan bangsa kita akan maju, maka tuhan-pun berlalu sambil menangis….

    Comment by irwan pahlipi | September 29, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: